Senin, 18 Juni 2012

PCQ dengan Simple Queue

Diartikel saya sebelumnya yang membahas pemisahan bandwidth internasional (OpenIXP) dan Lokal (IIX) menggunakan simple queue tersebut dikonfigurasikan menggunakan PCQ yaitu fitur untuk pembagian traffice secara adil menurut pengalaman dari saya. langsung kita bahas saja bagaimana mengkonfigurasikan PCQ dengan melanjutkan artikel saya yang sebelumnya yaitu dengan mengubah simple queuenya menggunakan PCQ bisa langsung mengcopy ulang script simple queue di artikel saya yang sebelumnya.


1. Open New Terminal dan copykan script yang berada dibawah ini atau bisa download scriptnya
/queue type
add name="pcq-up" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address,dst-address,src-port pcq-total-limit=2000 pcq-burst-rate=0 pcq-burst-threshold=0 pcq-burst-time=10s pcq-src-address-mask=32 pcq-dst-address-mask=32 pcq-src-address6-mask=64 pcq-dst-address6-mask=64
add name="pcq-down" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address,dst-port pcq-total-limit=2000 pcq-burst-rate=0 pcq-burst-threshold=0 pcq-burst-time=10s pcq-src-address-mask=32 pcq-dst-address-mask=32 pcq-src-address6-mask=64 pcq-dst-address6-mask=64
 Maka akan seperti gambar dibawah ini










Arti dari gambar diatas adalah dengan mengkonfigurasi PCQ maka traffic pemakaian dari client akan dibagi secar adil contohnya diatas saya konfigurasi limit at target upload dan downloadnya adalah 256k/512k jadi ketika dalam keadaan ramai client tersebut tidak akan melebih trafficnya upload dan downloadnya 256k/512k. tapi ketika dalam keadaan sendiri client tersebut bisa mencapai traffic yang saya konfigurasi di max limit target upload dan download yang ada di tab general 2M/2M seperti gambar dibawah ini

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda